Memacu Semangat MBOS dengan CHANGE

Memacu Semangat MBOS dengan CHANGE
Oleh : Joni *

Futurolog Alvin Toffler, dalam bukunya Adaptive Corporation, menyebut perubahan bukan sekedar diperlukan untuk hidup, melainkan hidup itu sendiri. Hal ini ternyata sejalan dengan tema MBOS is Our Life and Our Adventures.

Dalam kehidupan sehari-hari, tanpa disadari kita telah melewati begitu banyak perubahan yang dimulai sejak kecil hingga tumbuh dewasa. Setiap detik adalah waktu yang baru dan dalam setiap detik perubahan telah terjadi. CHANGE atau perubahan merupakan sesuatu yang alami, tidak bisa ditolak dan harus dilakukan jika kita ingin bertumbuh. Demikian juga penerapan MBOS di Corporate IT, dimana MBOS ini tidak terlepas dari kehidupan kita seperti halnya perubahan itu sendiri.

Karena itulah, untuk dapat keluar sebagai pemenang kita perlu berubah. Dinamika dan perkembangan teknologi yang begitu canggih juga memaksa kita untuk terus berubah. Sir Winston Churchill, Perdana Menteri Inggris (1940 – 1945) dengan tegas mengatakan “Untuk menjadi lebih baik, kita harus berubah. Dan untuk menjadi sempurna, kita harus sering berubah”. Semangat perubahan ini dapat diterapkan secara ringkas berdasarkan akronim dari kata CHANGE yaitu :

1. Competence
Competence mencerminkan sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas yang memiliki Pengetahuan (Knowledge), Gagasan (Idea), Keahlian (Skill)  serta Pengalaman (Experience). Kemauan untuk belajar, bertanya, mencoba, mengemukan ide dan pendapat serta rajin membaca merupakan praktek sederhana untuk mengembangkan keempat unsur competence tadi.

2. Humble
Seperti ilmu padi semakin berisi semakin menunduk, maka seperti halnya pengalaman sang pemenang MBOS dalam memberikan sharing dan  motivasi bagi rekan-rekan lain merupakan cermin rendah hati, termasuk mau belajar dari pemenang terdahulu sehingga bisa meng-overtake atau mencapai target yang lebih tinggi lagi.

3. Action
Lakukan dan cobalah hal baru setiap hari. Jika selama ini belum pernah memimpin sebuah proyek MBOS, maka mulailah untuk lead proyek tersebut. Pepatah Cina Kuno mengatakan bahwa perjalanan sejauh 1000 mil dimulai dengan 1 langkah. Daripada hanya berdiam diri, lebih baik mulai dengan action, karena kita takkan tahu apa yang tak dapat kita lakukan, sampai kita mencobanya.

4. Never Give Up
Kita harus bisa menghadapi tantangan dengan mental pantang menyerah dan antusias. Di dalam semangat MBOS – 5 Minds and 3 Degrees juga terkandung kata Enthusiasm dimana kata ini berasal dari kata En dan Theos berarti Allah ada dalam hidupmu. Orang yang mempunyai semangat antusias pantang menyerah serta berani bangkit dari kegagalan adalah pemenang sejati.

5. Goal
Kita perlu memiliki tujuan yang jelas agar tidak kebingungan di tengah perjalanan. Dan setelah mengetahui goal/arah yang dituju, maka kita bisa mengambil tindakan nyata. Orang sukses harus mampu menciptakan kesempatan, jangan menunggu kesempatan datang.

6. Endurance
Banyak orang yang terus berjuang tetapi tidak memiliki daya tahan. Maka sekali gagal, dia langsung tumbang. Oleh karena itu, sense of endurance yang tinggi adalah hal yang penting. Apalagi dalam kondisi krisis seperti sekarang ini, lebih dituntut untuk mempunyai daya tahan yang kuat agar bisa berkompetisi dalam persaingan bisnis yang terus menerus berubah dan berkembang.

Selain faktor CHANGE di atas, semangat perubahan di dalam MBOS juga termasuk melakukan pembenahan sebagai bagian dari proses perubahan. Contohnya adalah penerapan 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke) agar segala sesuatu yang berada di kantor tertata dengan rapi, bersih serta dirawat dengan rajin agar terbentuk kebiasaan (budaya) yang baik. Jadi dengan didukung CHANGE yang berkualitas (Competence, Humble, Action, Never Give Up, Goal and Endurance) serta Teknologi yang tepat guna ditambah dengan Budaya (Culture) yang baik, maka peningkatan produktifitas dapat tercapai sehingga tercipta perusahaan yang dapat bertahan dan memenangkan persaingan bisnis dalam arena yang semakin kompetitif.

Intinya jika kita menginginkan sesuatu hasil yang berbeda, maka kita harus mengubah tindakan kita. Ayo kita bekerja lebih serius, lebih berkomitmen, lebih konsisten dan lebih keras. Songsong hidup yang lebih baik dengan dengan mensyukuri setiap perubahan sebagai suatu proses yang indah.***

“If you take the same ACTION everyday, you will always get the same RESULT. If you want a different result, then you must CHANGE YOUR ACTION.” (James Gwee)

This article has also been published in MBOS Mania News – 1st Edition, Page 14-15, Mar 2009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: