Melawan Rasa Berpuas Diri melalui MBOS

Melawan Rasa Berpuas Diri melalui MBOS
Oleh : Joni *

Banyak orang yang dari hari ke hari, seolah-olah hanya melewati hidup begitu-begitu saja dan tidak melakukan perubahan ataupun inovasi. Mengapa? Karena mereka terlanjur puas dan nyaman dalam pola kehidupan yang dijalani. Orang yang biasa-biasa ini hanya ingin menghadapi masalah yang ringan-ringan saja, takut dengan tantangan, tidak mau mengambil resiko, namun kemudian kecewa dengan perputaran kehidupan yang biasa-biasa saja.

Dalam keadaan serba enak dan nyaman, cenderung membuat orang terjebak untuk bersikap malas sehingga bekerja sesuai standard saja. Padahal apabila kita ingin berhasil dan sukses, maka harus berani keluar dari zona nyaman (Comfort Zone). Ungkapan “Keluar dari Zona Nyaman” sudah sering kita dengar, tetapi tidak semua orang mau melakukan hal tersebut, karena mereka menganggap pekerjaan yang sulit itu beresiko tinggi. Akhirnya pola hidup yang mereka jalani merupakan pola hidup yang tidak mengarah pada pencapaian luar biasa.

Berbicara mengenai pencapaian luar biasa, kita semua tahu bahwa dalam program-program MBOS selalu dihadapkan dengan target yang sangat tinggi yaitu Olympic Target. Hal ini memacu kita untuk melakukan perubahan dan berinovasi agar mencari cara (solusi) demi pencapaian target tersebut. Banyak orang yang berhenti berinovasi, terutama ketika mereka sudah merasa puas dengan hasil yang telah dicapainya. Mereka seringkali tidak tergerak untuk mengerahkan segenap kemampuan dikala segala sesuatunya berjalan lancar. Tetapi dengan adanya target-target Olympic ini, bagi orang-orang yang sudah berada dalam zona nyaman tentu saja membuat “kenyamanan” mereka terusik. Padahal seringkali kita kurang mengerti bahwa besarnya target yang kita alami justru menyimpan potensi positif yang besar bagi kita untuk bertumbuh. Saat kita berhasil mengatasi masalah yang besar, kita sudah menapaki anak tangga baru yang lebih tinggi lagi. Jadi ukuran target sangat menentukan level yang akan kita capai.

MBOS telah menjadi tools untuk meningkatkan kinerja karyawan dan perusahaan melalui Improvement Project serta aktivitas perbaikan yang terus-menerus. Dan dengan semangat MBOS yang terus didengungkan serta kegiatan-kegiatan MBOS yang diselenggarakan, memacu setiap individu untuk mau keluar dari zona nyaman tersebut. Maka sebuah kebiasaan yang selalu berada dalam zona nyaman bisa diubah dengan cara membiasakan diri untuk meninggalkan zona kenyamanan tersebut melalui keterlibatan secara aktif di dalam program MBOS dan dimotivasi oleh Olympic Spirit. Segala pekerjaan yang dilakukan di luar zona nyaman harus dinikmati agar tercipta energi yang hidup untuk mencapai kesuksesan. Dengan demikian maka lama kelamaan semangat MBOS ini tidak hanya menjadi kebiasaan saja, tetapi bisa menjadi culture yang tercipta dalam perusahaan.

Orang-orang yang luar biasa akan menghadapi tantangan yang luar biasa juga. Mereka tidak akan mengeluh jika menerima target yang tinggi dan tidak takut menghadapi masalah besar, melainkan dengan berani untuk melangkah maju menyelesaikan setiap tantangan yang ada. “Challenge the limit, Pursue the Perfection”. Karena hidup adalah untuk menjadi pribadi yang selalu lebih baik setiap harinya, maka lakukan terus perubahan dan inovasi. Kita tidak boleh terlena oleh kenyamanan dan rasa berpuas diri, tetapi harus berani keluar dari lingkaran kenyamanan itu.

Apakah Anda memutuskan untuk keluar dari zona nyaman dan melakukan perubahan? ***

Jika anda hanya punya sebuah pelayaran yang lancar dalam hidup, maka anda akan lemah. Lingkungan yang keras membantu untuk membentuk pribadi anda, sehingga anda memiliki nyali untuk menyelesaikan semua masalah.” (Dalai Lama)

This article has also been published in MBOS Mania News – 3rd Edition, Page 15-16, Sep 2009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: