Misa Paskah Wil VII: Memaknai Kebangkitan Yesus

Misa Paskah Wil VII: Memaknai Kebangkitan Yesus

Wilayah VII yang terdiri atas lingkungan MBR1 s/d MBR 9, pada hari Jumat (29/4) mengadakan Misa Paskah di GKI Kepa Duri dengan dihadiri 240 umat (93 pria dan 147 wanita). Seperti tahun-tahun sebelumnya, selalu ada 3 lingkungan yang ditugaskan sebagai Panitia Paskah. Maka pada tahun ini giliran MBR4 bertugas sebagai seksi liturgi, MBR5 sebagai seksi konsumsi dan MBR6 sebagai seksi tatib. Perayaan Paskah berlangsung tertib dan meriah dengan diiringi oleh paduan-suara yang paling dibanggakan dari Wilayah VII yakni Koor Madarosa.

Bacaan injil pada misa paskah diambil dari Yoh 21:1-14 yang mengisahkan tentang Yesus menampakkan diri kepada murid-murid-Nya di pantai danau Tiberias. Dalam homilinya, Romo Heribertus menjelaskan arti kebangkitan. Sesudah Yesus bangkit dari antara orang mati, sudah tiga kali Yesus menampakkan diri kepada murid-murid, tetapi masih tidak dikenali. Padahal Yesus menampakkan diri dalam keseharian mereka. Ketika murid-murid belum mengalami Yesus yang bangkit, hidup mereka terasa hampa. Hati mereka kosong sehingga jala pun ikut ‘kosong’ ketika ditebarkan untuk menangkap ikan. Sia-sia apa yang telah mereka lakukan. Itulah yang dialami oleh murid-murid karena mereka tidak memaknai kebangkitan Yesus.

Kekosongan hidup seperti ini pun sering hadir dalam kehidupan manusia. Banyak orang yang dari hari ke hari, seolah-olah hanya melewati hidup begitu-begitu saja. Perputaran kehidupan yang biasa-biasa ini membuat hidup terasa hampa dan dipenuhi dengan kekecewaan. Mereka terjebak dalam rutinitas hidup sehingga tidak menyadari Yesus yang hadir dalam diri mereka maupun melalui orang-orang di sekitarnya. Padahal ketika Yesus hadir dan menyapa mereka, terjadi perubahan dalam hidup mereka. Maka jala mereka pun penuh ikan-ikan besar, 153 ekor banyaknya, dan sungguhpun sebanyak itu, jala itu tidak koyak (Yoh 21:11).

Kebangkitan Yesus hendaklah dimaknai Yesus selalu hadir dalam diri setiap manusia dan mengalir di seluruh nafas kehidupan kita. Perayaan Ekaristi sangat membantu kita menyadari kehadiran Yesus. Dan paskah harus mengubah orang untuk sungguh-sungguh akrab dengan Tuhan. Di mana pun kita berada dan berkarya, harus memaknai dan mengalami kehadiran Yesus. Ketika orang mengenali Yesus, mereka dapat mengalami Yesus yang hadir. Sebagai contoh, ketika anak-anak ingin menyontek pada saat ujian, lalu mengenali kehadiran Yesus, maka akan muncul kejujuran dalan hatinya dan tentunya tidak akan menyontek. Maka dengan menyadari kehadiran Yesus di dalam setiap rutinitas yang kita jalani, sebenarnya terdapat kesempatan indah untuk berbuat sesuatu yang lebih baik dan berguna.

Renungan pada Misa Paskah ini semakin menyadarkan kita bahwa perputaran hidup ini terasa lebih bermakna ketika setiap orang mau menghadirkan Yesus dalam setiap nafas kehidupannya. Di akhir acara ini, Pak Djoni sebagai Ketua Wilayah VII, mengharapkan seluruh umat dan pengurus lingkungan untuk saling membangun kebersamaan serta berperan aktif dalam pelayanan di lingkungan. Kemudian Pak Widodo selaku Dirigen Koor Madarosa mengajak umat untuk berpartisipasi dalam koor, terutama kaum muda. Koor Madarosa yang terbentuk sejak tahun 1985 ini semakin lama, semakin berkurang anggotanya, bahkan saat ini beberapa anggota dari wilayah lain yang turut membantu. Untuk itu marilah kita menginvestasikan waktu dan tenaga untuk memberikan pelayanan, baik di koor maupun di lingkungan sekitar kita. Kehidupan ini pun semakin memiliki arti yang baru, ketika setiap orang mau menginvestasikan waktu dan tenaganya untuk menaburkan kasih Tuhan kepada sesama. Dan Tuhan akan membuat segala sesuatu indah pada waktunya. ***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: