Zakheus, pemungut cukai

Dalam menyambut masa Pra-Paskah 2012, tema pertama pada pendalaman kitab suci adalah TEMUKAN TUHAN YANG HADIR.

Bacaan diambil dari Lukas 19:1-10 yang berkisah tentang Zakheus.

Refleksi yang bisa dipetik dari perikop ini adalah:

  1. Usaha, tekad dan kesungguhan hati dari Zakheus untuk mencari dan menemukan Tuhan. Zakheus berusaha sungguh-sungguh untuk melihat dan mendekat kepada Yesus yang saat itu sedang memasuki kota Yerikho. Zakheus tidak duduk berpangku tangan, diam dirumah menunggu Yesus datang. Dia berusaha, berlari, mencari akal untuk mendapatkan posisi yang tepat untuk melihat Yesus.
    • Adakah kerinduan yang sungguh untuk bertemu dengan Yesus didalam Ekaristi ? Sejauh mana kita berusaha sungguh-sungguh untuk mengenal Yesus melalui Kitab Suci & Ajaran Gereja ?
  2. Sikap Zakheus yang mau dengan sungguh mencari dan melihat sosok Yesus memberinya kekuatan untuk mau melepaskan diri dari segala kelemahannya. Didalam upaya untuk mencari dan mengenal Yesus, sering kali menghadapi kendala. Kendala ini menghambat pencarian untuk melihat dan mengenal Yesus lebih jauh lagi. Tetapi meskipun Zakheus mempunyai kelemahan/ kendala (berbadan pendek), tetapi ada usaha untuk tetap mencari dan melihat Yesus. Kesungguhan yang besar ini akhirnya mengundang Yesus menawarkan diri-Nya untuk hadir di dalam rumahnya.
    • Apakah upaya kita untuk ke gereja dan mencari Yesus justru terkendala oleh sikap & kelemahan kita sendiri (rasa malas, gengsi, sombong, tidak ada waktu) ?
  3. Kehadiran Yesus di dalam rumah Zakheus akhirnya secara radikal merubah Zakheus yang kemudian berniat membangun kepedulian kepada sesama sekaligus membangun kembali relasi dengan sesamanya yang selama ini telah rusak. Zakheus bahkan menyerahkan setengah dari miliknya kepada orang miskin dan akan mengembalikan empat kali lipat kepada mereka yang telah diperasnya.
    • Adakah kehadiran Yesus  di dalam hati kita membawa perubahan dalam hidup kita untuk semakin peduli kepada sesama?

Tuhan memberkati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: