Hari Raya Bunda Allah

Tahun Baru merupakan momen yang penting dalam kehidupan terutama untuk merenungkan (introspeksi) kinerja yang telah dicapai, sekaligus merencanakan kembali perjalanan hidup selama setahun ke depan. Dalam menyambut Tahun Baru, banyak orang yang membuat resolusi baru mengenai harapan dan tujuan yang ingin dicapai. Selain itu mayoritas orang di seluruh dunia pun merayakan pesta menyambut tahun baru dengan perayaan besar seperti pertunjukan musik, parade tari-tarian dan kembang api.

Di balik semua pesta besar itu, dalam mengawali tahun baru, Gereja merayakan Hari Perdamaian Dunia. Tanggal 1 Januari 2012 jatuh tepat pada hari Minggu, dimana setiap hari Minggu juga merupakan hari raya (perayaan Ekaristi). Dan yang lebih penting dari itu adalah Gereja merayakan Hari Raya Santa Perawan Maria Bunda Allah.

Berkaitan dengan Hari Raya Maria Bunda Allah, Romo Heribertus pernah membawakan tema “Maria Bunda Allah” pada saat pembekalan bagi prodiakon di bulan Oktober 2011 lalu (bulan Oktober dikenal sebagai Bulan Maria). Kepada pada prodiakon, romo menerangkan bahwa “Maria Bunda Allah” dirayakan setiap tanggal 1 Januari bertepatan dengan Tahun Baru yang dirayakan oleh seluruh umat di dunia. “Maria memang Bunda Yesus, tetapi mengapa Maria diberi gelar Bunda Allah? Kalau begitu apakah berarti Allah itu mempunyai Ibu?” Itulah beberapa pertanyaan yang dilontarkan oleh romo Heri, sebelum memulai pembekalan dan pendalaman iman kepada para prodiakon.

Kemudian romo menjelaskan bahwa Maria adalah Bunda Allah karena Yesus Anaknya adalah sungguh-sungguh Allah. Berhubung Yesus adalah Allah, maka Maria disebut sebagai Bunda Allah. Dengan demikian gelar Bunda Allah itu diberikan karena Maria melahirkan Yesus yang dalam pribadi-Nya terdapat kodrat Ilahi. Maka kalau kita mengakui Yesus sebagai Allah, kita pun mengakui Maria sebagai Bunda Allah. Merayakan Hari Raya Maria Bunda Allah juga berarti memberikan penghormatan kepada Bunda Maria. Kemulian Maria sebagai Bunda Allah adalah cermin kemulian Anaknya, yaitu Yesus, Tuhan dan Penebus umat manusia.

Selanjutnya romo Heri membacakan perikop dari injil Yoh 2:1-11 secara bergantian dengan para prodiakon yang hadir. Perikop ini mengisahkan tentang pesta perkawinan di Kana. Maria datang kepada Yesus untuk menyampaikan bahwa persediaan anggur sudah habis. Anggur merupakan suatu kewajiban di pesta perkawinan orang Yahudi dan masalah kehabisan anggur ini pasti menimbulkan rasa malu. Jawaban Tuhan Yesus saat ada permintaan yang sangat mendesak ini adalah “Mau apakah engkau dari pada-Ku, ibu? Saat-Ku belum tiba.” Tetapi Maria tetap percaya dan taat dan melakukan apa yang diperkatakan Yesus. Mujizat pun terjadi ketika Maria tetap percaya, berharap dan berserah kepada Tuhan. Sekalipun waktu Tuhan belum tiba, mujizat itu terjadi. Itulah keistimewaan Maria. Maria begitu peka dan peduli dengan kebutuhan manusia, dan langsung berinisiatif untuk menyampaikan kepada Yesus. Maka tidaklah heran jika umat Katolik memberikan penghormatan yang istimewa kepada Maria dan rajin menyampaikan doa dan permohonan melalui Bunda Maria.

Dengan perayaan Santa Perawan Maria Bunda Allah, kita diajak untuk meneladani Maria. Meskipun Maria menghadapi begitu banyak peristiwa dalam hidupnya, Maria menyimpan segala perkara itu di dalam hatinya dan merenungkannya. Dalam mengawali tahun yang baru ini, setiap orang pasti merindukan agar tahun ini lebih baik dari tahun kemarin. Dan tentunya ada persoalan yang muncul dalam mewujudkan resolusi dan harapan untuk menjadi lebih baik. Tetapi kita bisa meneladani Maria akan kemampuannya untuk menerima, menyimpan, merenungkan serta menemukan makna setiap peristiwa hidupnya; sambil terus berdoa dan berdevosi kepada Bunda Maria. “Bunda Maria, bunda yang baik hati, bimbinglah kami dalam menempuh kehidupan ini agar kami dapat mencapai kebahagiaan dan cita-cita kami. Amin.”

SELAMAT HARI RAYA BUNDA ALLAH, SELAMAT TAHUN BARU 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: