Ziarek Lingkungan MBR4 ke Taman Doa Adem Ayem

Setiap bulan Oktober, umat kembali diingatkan untuk berdevosi kepada Bunda Maria. Lingkungan MBR4 pun mengadakan pertemuan Doa Rosario dengan ziarek ke paroki wisata di Keuskupan Bogor yaitu Paroki St. Yakobus Rasul yang terletak di Mega Mendung. Sebelumnya sudah menjadi tradisi dengan mengadakan Doa Rosario di rumah beberapa orang umat.

Hari Minggu (25 Okt) sekitar pukul 05.00 pagi, peserta yang berjumlah 37 orang sudah berkumpul di depan rumah Pak Tedy untuk ziarek ke Taman Doa Adem Ayem di gereja St. Yakobus Rasul. Dengan cara konvoi beriringan 7 mobil peserta ziarek pun mulai bergerak ke arah puncak dan sekitar pukul 06.30 WIB seluruh rombongan sudah tiba di Mega Mendung. Setelah istirahat sejenak sambal menikmati bihun goreng dan makanan kecil, seluruh peserta mulai bersiap-siap untuk Doa Rosario.

IMG_9992  

Dengan antusias, semua peserta mulai dari lansia, dewasa, OMK dan anak-anak duduk lesehan untuk berdoa Rosario di Taman Doa Adem Ayem yang berbentuk gua dengan kolam ikan yang asri. Selanjutnya peserta MBR4 mengikuti perayaan Ekaristi pada pukul 9 pagi di dalam gereja bersama-sama dengan umat dan rombongan lain. Di awal homilinya, Romo Joko yang memimpin Misa Minggu Biasa XXX menceritakan kisah Bartimeus yang disembuhkan oleh Yesus (Mrk 10:46-52). Bartimeus yang buta terus mencari Tuhan dengan sekuat tenaga. Meskipun banyak orang menegurnya supaya ia diam, ia terus berteriak, sampai suaranya didengar. Kemudian Romo memberikan kesaksian tentang seorang anak muda yang datang kepada romo untuk meminta sakramen perminyakan bagi ayahnya yang terserang stroke. Namun sang ayah yang memiliki sikap keras dan mempunyai jabatan penting, tidak menanggapi kehadiran romo dan tidak berseru kepada Tuhan, karena merasa tidak bisa memberikan kesembuhan. Syukur kepada Tuhan, setelah diberikan sakramen perminyakan, sang ayah yang dulunya buta rohani, kini lebih mengenal Yesus dan sikapnya berubah menjadi lembut terhadap istri dan anaknya meskipun strokenya tidak sembuh.

 IMG_20151025_101244 IMG_9991

Setelah selesai perayaan Ekaristi, para peserta bersalaman dan mengucapkan terima kasih kepada Romo Joko, serta berfoto bersama di depan Altar Gereja. Kemudian sebelum menyantap makan siang bersama, para peserta menyempatkan waktu untuk jalan salib. Akhirnya sekitar jam 11.30 WIB semua peserta berkumpul kembali, rombongan mulai meninggalkan lokasi paroki untuk kembali ke rumah masing-masing, dan sebagian peserta menyempatkan diri untuk berbelanja oleh-oleh. Semua peserta merasakan momen yang sangat indah serta persaudaraan yang semakin akrab di antara umat lingkungan MBR4. Sungguh indah apabila kita dapat melihat kehidupan ini tidak hanya dari mata saja, tetapi juga dari hati kita. Sekalipun Bartimeus buta mata jasmaninya, tetapi ia dapat mengenali keberadaan Yesus. Semoga kami semakin mengenali warga dan melayani umat MBR4 dengan mata hati yang terbuka. Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: